Jumat, 23 Juli 2010

Green Action: Gerakan Melestarikan Kertas


Did You Know..??
Untuk memproduksi kertas dibutuhkan banyak kayu berdiameter 15-20 meter dengan tinggi sekitar 40 meter (segede pohon2 Kebon Raya kali). Bahkan dalam proses pembuatannya, produksi kertas juga akan menghasilkan emisi dan limbah, yang akhirnya berdampak mengotori lingkungan.

Sebanyak 27.000 batang kayu ditebang untuk memenuhi kebutuhan kertas tiap harinya. Woow!! Pegimana kagak gundul tuh hutan.



Green Challenge!
Kamu bisa kok ikut gerakan ‘Go Green’ dengan cara yang simple. Coba deh kurangi pemakaian kertas dan selalu Re-Use. Caranyaaa…

  • Mencatat notes ato to do list di HP, gak perlu di kertas.
  • Hindari isi ulang pulsa dengan voucher (yg lembaran kartu, digosok2 itu lho..). Better kamu beli pulsa elektrik, lebih cepat, lebih murah dan bebas sampah.
  • Saat fotokopi, minta Mbak2nya/Mas2nya untuk fotokopi bolak-balik, kan jadi save paper and save money separo. Lebih baik lagi kalo emang bisa diperkecil, selembar jadi 4 halaman gitu. Hmmm…gak ada salahnya kan, kamu jadi punya catetan/materi kuliah yang imut nan hemat.
  • Saat kamu nge-print, bisa juga nerapin teknik penghematan dengan print bolak-balik atau buat selembar jadi 4 pages (bisa disetting di computer kamu). Direkomendasikan juga supaya kamu cek di ‘Print Preview’ dulu dokumen yang mau di cetak, kan bisa meminimalisir salah print, jadi kagak buang-buang kertas gitu.
  • Gunakan majalah bekas atau Koran bekas sebagai sampul buku tulis/pelajaran. Kan lucu juga buku2 kamu dihiasi gambar2 artis, coverboy, iklan baris gitu. (asal jangan pake Koran lampu merah ato majalah pria dewasa, nanti Pak Guru ngeliatin bukumu terus..hehehe). Atau kalo kamu suka yang simple, bisa juga menyampul buku pake kalender bekas dan kertas2 kado bekas bungkus kado2 ultahmu.
  • Bikin oret2an dari HVS bekas yang belakangnya belum kepake gitu, it’s gud idea! Kertas2 HVS bekas itu bisa kamu lipet jadi 2, dilem dikit, lalu di bundel. Jadi deh oret2an buat itung2 fisika, matematik, kimia, ato sekedar buat oret2 curhat.
  • Kalo gak diperlukan banget, stop print struk ATM dan stop print struk belanja.
  • Kalo kertas2 udah bener2 gak bisa diberdayakan lagi atau emang kamu gak suka ribet nge-Re-Use. Kamu bisa kiloin kertas2, koran2, majalah bekas yang ada di gudang rumah kamu, nantinya kertas2 itu akan didaur ulang juga kok. Yaah...lumayan juga hasil ngiloin kertas bisa buat jajan coy.


Masih banyak cara kreatif lainnya untuk ngurangin penggunaan kertas dan ngurangin sampah kertas juga tentunya. Gampang toh?! Why not start doing it now?

Info Tambahan:
20,5 % sampah di Indonesia adalah sampah kertas dan kebanyakan merupakan bekas pembungkus makanan.

Tuh, barang siapa yang suka beli gorengan, burger n’ kentang goreng McD, ayam KFC, gado-gado dibungkus, nasi bungkus, nasi kotak; Inget2 deh Semuanya kan disajikan pake kertas2. Nah… besok-besok minta pake daun pisang aja bungkusnya, atau kamu bawa wadah makanan sendiri, atau lebih baik lagi kamu bawa bekel makanan sendiri dari rumah (buatan tangan mami tercinta) dari pada jajan diluar. Pastinya lebih ekonomis, higienis, bikin mamimu meringis, tapi tukang nasi langgananmu bisa nangis (karena dagangannya gak laku :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar