Rabu, 17 Februari 2010

A to Z About Stress (4)

Jangan Takut stress...Hadapi saja!


Dalam keadaan biasa-biasa saja tanpa masalah, kita bisa saja jadi figure yang tenang, ramah, bercanda-tawa, berkonsentrasi penuh dan kondisi fisik kita pun prima. Tapi bisa sangat berbeda jika kita sedang dalam masalah atau tekanan. Bisa jadi kita berubah drastis menjadi orang yang uring-uringan, meng-isolasi diri, menangis sendiri, lelah fisik maupun pikiran dan perilaku lainnya. Kalau itu terjadi, itulah diri Anda yang sebenarnya! Anda yang tidak dapat mengontrol diri saat di-Press.
Stres juga bisa membentuk mental kita. Menghadapi tekanan-tekanan dalam hidup ini, melatih kita untuk jadi seorang yang tangguh dan tahan uji.

Suatu peristiwa dapat dipersepsikan positif, netral, atau negatif oleh individu. Peristiwa yang dinilai negatif kemudian dicari kemungkinan adanya harm, threat, atau challenge. Harm adalah penilaian mengenai bahaya yang didapat dari peristiwa yang terjadi. Threat adalah penilaian mengenai kemungkinan buruk atau ancaman yang didapat dari peristiwa yang terjadi. Challenge merupakan tantangan akan kesanggupan untuk mengatasi dan mendapatkan keuntungan dari peristiwa yang terjadi (Lazarus dalam Taylor, 1991).

TIPS N’ TRIK
Mencegah lebih baik dari pada mengobati, jauhi gaya hidup yang dapat memicu timbulnya stres. Bangunlah lebih pagi agar tidak terburu-buru ke kantor atau terkena macet, berolahragalah secara teratur, jauhi rokok dan alkohol serta selalu berpikir secara positif !
 Ketika stress, ada baiknya Anda berlibur ke daerah pegunungan. Menikmati hamparan alam indah hijau nan sejuk. Warna hijau terbukti dapat ‘menyejukan’ mata manusia. Udara sejuk dan segar juga diperlukan untuk sirkulasi oksigen dalam otak.
Tingkatkan spiritualitas Anda. Berdoa dan beribadah sesuai kepercaan, terbukti bisa menenangkan hati dan pikiran.
Kembangkan Emosi Positif

“Hati yang gembira adalah obat yang manjur” (Amsal 17:22)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar