Selasa, 09 Maret 2010

BELAJAR SECARA KREATIF

Inilah yang harus dilakukan oleh para murid jika ingin maju. “Belajar Lebih Cerdas, Bukan Lebih Keras” itulah buku karangan Ron Fry yang memang benar adanya, bahwa kita harus belajar secara ‘cerdas’. Buku yang laris manis dipasaran ini, menyediakan CARA BELAJAR untuk para pembelajar.

Belajar secara kreatif berarti menemukan dan melakukan cara belajar yang sesuai dengan diri kita masing-masing. Sekarang ada istilah ‘quantum learning’ atau metode belajar lain. Apapun dan bagaimanapun itu, yang jelas tiap orang belum tentu berhasil ‘belajar’ dengan meniru ‘belajar’ orang lain. Setiap orang punya ‘gaya’ belajarnya sendiri.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dan melakukan cara belajar yang kreatif:

1. Starting
Starting is everything. memulai itu sulit tapi kita harus memulainya. sebelum masuk dalam ‘belajar’ itu sendiri kita harus memulai dari langkah berikut:

• Mengenal diri
Kita harus mengerti bagaimana sebenarnya diri kita dalam belajar. Ron Fry dalam bukunya, menjelaskan 3 hal dalam proses memandang diri sendiri dengan baik dan jujur:
- Mengevaluasi tingkat keterampilan kita saat ini, mengidentifikasi area keterampilan belajar, dimana usaha kita perlu dikonsentrasikan.
- Mengidentifikasi lingkungan dan gaya belajar yang sesuai untuk kita.
- Membuat kategori mata pelajaran berdasarkan seberapa besar minat kita pada mata pelajaran itu dan seberapa baik kita mengerjakannya.

• Motivasi
Dorongan atau motivasi harus ada untuk memacu kita dalam belajar. Motivasi dari dalam seperti cita-cita atau impian, itu penting dan harus ada. motivasi dari luar, seperti dorongan dari orang tua, teman-teman, kekasih kita yang bisa membuat kita makin semangat.


2. Proses
Setelah mengenal diri dan punya motivasi, kita tentunya makin cinta belajar. Biasakan hal ini! Dalam prosesnya kita akan menemukan cara-cara bagaimana kita harus belajar. Cara-cara menarik yang perlu dicoba, diantaranya:

• Membuat catatan pelajaran yang menarik dan simple
Membuat catatan mengenai materi yang dipelajari memang perlu. Untuk bahan belajar, tetapi usahakan buat catatan yang menarik. Buat dengan sistematis, singkat, ditambah gambar-gambar, tulisan berwarna-warni dan disusun rapih. Pastinya belajar kita akan menyenangkan.

• Memanfaatkan waktu
Waktu itu berlalu dengan cepat, dan kalau sudah berlalu, jelas tidak bisa kembali. Maka aturlah waktu kita dengan bijak. Pilih prioritas kegiatan yang harus kita lakukan terlebih dahulu. Memang perlu ada waktu belajar khusus, tetapi belajar juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

• Memanfaatkan fasilitas
Ber-internet, adalah fasilitas belajar yang menyenangkan. Pergunakanlah unutk mencari informasi, karena memang internet is more than library. Sesekali internet juga boleh digunakan untuk menghibur diri, dan membuka koneksi kedunia luar.

• Belajar kelompok
Kegiatan klasik ini sebenarnya sangat penting dan menarik. Kita bisa berdiskusi, bertukar pikiran bersama teman kita. Dalam suasana santai, ngobrol tentang pelajaran, pasti akan lebih termemori dalam otak.

3. Evaluasi
Setelah dalam jangka waktu tertentu, misalnya 1 semester. Kita bisa melihat hasil dari proses pembelajaran yang kita lakukan. Acuannya tidak hanya dari nilai, tetai lihat kemajuan kita (progress). Apakah kita masih merasa bosan dalam belajar?. Poin itulah yang menjadi tolak ukur utamanya. Sebenarnya dalam tahap ini, kita kembali tahap nomer 1. Mengidentifikasi diri kita secara jujur.


Perlu diingat bahwa dalam melakukan segala sesuatu kita harus konsisten dan disiplin. Termasuk dalam hal belajar ini. Kita harus berusaha konsisten pada ‘jalur khusus belajar kita’. Dalam prosesnya pasti akan banyak tantangan dan godaan, tetapi nilai konsisten dan disiplin harus jadi pegangan.



Starting is everything tetapi setelah berhasil memulai, kita harus consistent mempertahankan apa yang telah dilakukan dan Finishing well itu perlu perjuangan.
(Anonim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar