Jumat, 26 Maret 2010

Pete: Buah ber-aroma khas dengan banyak khasiat.



Pete selalu dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang, terutama para bajak laut (yaa iya lah karena matanya memang cuman sebelah). Bahkan pete sangat dihindari terutama oleh kalangan menengah keatas, karena menghindari baunya yang bisa menebar aroma khas di mulut dan juga di kamar mandi. Dibalik fakta yang cukup menggangu penciuman ini, ternyata buah unik khas asia tenggara ini memiliki banyak khasiat saudara-saudara.
(Tulisan ini tentunya akan membuat para pedagang dan petani pete bergembira)

- Mengandung kalori yang tinggi

Riset membuktikan dua porsi pete aja.. mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.
(Untuk Anda para atlet bela diri, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pete sebelum berduel. Karena bisa membuat lawan Anda ‘K.O’, bukan karena pukulan atau tendangan Anda, melainkan karena bau mulut Anda).

- Obat Stres dan Depresi

Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax , memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia. (Tapi mungkin membuat orang lain kehilangan mood karena bau mulut Anda)

- PMS (premenstrual syndrome)

Jika mengalami PMS saat 'tamu' datang, para wanita tidak perlu minum jamu atau minum pil ini itu, cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah, yang dapat membantu mood. (Untuk para wanita dimohon untuk mengkonsumsi pete secukupnya saja, karena kasihan cowok/suami Anda...kebauan)

- Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.



- Menurunkan Tekanan darah tinggi
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam , sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya , sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.
(Perlu diperhatikan juga bahwa efek bau mulut Anda juga bisa memicu lawan bicara Anda ‘naik darah’)

- Meningkatkan Kemampuan otak

200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan , istirahat , dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.
(NB: walau Anda makan pete 1 pohon, kalau tidak belajar… ya sama aja bohong)

- Mengatasi Sembelit
Karena kandungan serat yang tinggi, maka pete akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksativ.

- Obat mabuk
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan "penyakit" mabuk adalah milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh , sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh. (Hati-hati: Milkshake pete bisa membuat rekan satu perjalanan Anda tertular sakit mabuk)

- Mengurangi Rasa Kekenyangan
Pete memiliki efek antasid pada tubuh , sehingga bila dada anda terasa panas akibat kebanyakan makan, cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.
(keterangan: makan petenya secukupnya aja, kalau kebanyakan bukan mengatasi kekenyangan, tetapi perut malah bisa meledak)


- Mengurangi Kegemukan
Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.
Laporan menyimpulkan bahwa, untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik, kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan kadarnya tetap.
(Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, disarankan untuk ngemil pete muda 7 renteng sehari. Dijamin Anda akan muntah-muntah serta buang-buang air, niscaya berat anda akan berkurang drastis).

- Stroke
Menurut riset dalam "The New England Journal of Medicine", makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.
*Rencananya Para ahli medis dari Rumah Sakit- Rumah sakit ternama di Jakarta akan mengembangkan obat bernama SP-SP (Sirup dan Puyer Sari Pete).

Itulah beberapa khasiat dari buah Pete. Dan untuk info lagi, Jika dibandingin sama apel, pete memiliki protein 4 kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.
(maka dari pada itu, tidak perlu mengkonsumsi Apel import yang harganya selangit. Makanlah Pete!)

SELAMAT MENCOBA…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar