Selasa, 27 April 2010

Cacat bukan Halangan untuk Berprestasi

HANYA ada dua kata yang tepat untuk mengomentari Lena Maria LUAR BIASA. Ya, gadis Swedia itu memang luar biasa. Terlahir dengan kondisi tubuh yang tak sempurna, tanpa tangan dan hanya satu kaki yang tumbuh normal, bukan halangan bagi Lena untuk menjadi perempuan mandiri, mengukir prestasi, dan menjadi inspirasi bagi orang lain.
Dengan segala ketaksempurnaan tubuhnya, Lena bukan saja bisa melakukan apa yang biasa dilakukan orang normal, mulai dari menyetir mobil, memasak, hingga menulis. Lena mampu mengukir prestasi di bidang olah raga, dengan memenangkan empat medali emas pada Kejuaraan Renang Eropa dan ikut kejuaraan Paralympic Games 1988 di Seoul, Korea Selatan, mewakili Swedia.
Tak hanya berprestasi di bidang olah raga (renang), gadis kelahiran Jonko-ping, Swedia, 1968 itu juga membuktikan dirinya sebagai manusia serba bisa. Ia bertalenta di bidang melukis, musik, dan menyanyi. Pada 1987, saat masih menjadi atlet renang andalan Swedia, Lena lolos seleksi masuk ke The Royal College of Music dan mendapat beasiswa dari Ratu Swedia. Oleh karena itulah, setelah lulus pada 1991, Lena pun harus memutuskan memilih antara menjadi atlet profesional atau menyanyi. Lena pun memilih menjadi
penyanyi.
Sejak saat itulah Lena melanglang buana, menggelar konser dan menyanyi di sejumlah negara. Karier kearti-sannya mencoreng. Di Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, dan Thailand, nama Lena Maria begitu populer. Tak kurang dari seratus kali Lena tampil dalam satu tur konser di Asia dan Eropa, sejumlah stasiun televisi, radio, dan media. Penampilannya tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan motivasi dan inspirasi bagi siapa pun yang melihatnya.
Saat ini, pemilik nama lengkap Lena Maria Klingvall yang hanya bisa berjalan dengan kala palsu ini, adalah artis penyanyi profesional dan telah menghasilkan sedikitnya lima belas album. Lena juga fasih melantunkan lagu dari
beragam genre, mulai dari pop, jazz, gospel, hingga klasik. Acara-acara televisi yang mengangkat kisah hidupnya menuai sukses dan menarik simpati di banyak negara. Sejak 1990 Lena tergabung dalam the Mouth and Foot Pain-ting Artist Association.
Pada 1996 Lena Maria menulis salah satu buku berisi kisah nyata hidupnya dan diberi judul Foot Notes. Buku tersebut telah diterjemahkan ke dalam empat belas bahasa, termasuk Indonesia. Bukunya dinilai sangat inspiratif, menggugah, dan mendapat sambutan positif dari banyak pembaca di seluruh dunia. Lena juga telah menulis buku keduanya, Happy Days.
Kisah hidup, filosofi, dan prestasi Lena telah memberi inspirasi dan menyentuh hati jutaan manusia, termasuk para pemimpin dunia. Saat menggelar konser di Taiwan pada 2005, Presiden Taiwan, Ma Ying Ju, memberi penghargaan kepada Lena sebagai warga negara terhormat Honourary Citizen-
ship of Taiwan. Ma Ying Ju juga menyebut Lena sebagai sosok luar biasa dan menjadi kebanggaan masyarakat (extraordinary and pride to society).
Pada Januari 2008, Lena juga mendapat anugerah H.M. The Kings Medal dari raja Swedia, King Cari XVI Gustaf. Saat memberi anugerah itulah, Raja Gustaf mengucapkan, "For prominent accomplishment as an artist and ath-lete and as a model for people with disabilities in Sweden and abroad." Pada 2009, Lena telah turut berpidato di TED.com, di mana pembicara terkenal lain seperti Bill Gates dan Al Gore, menjadi bagian di dalamnya.
Semalam, bertempat di JITEC Mangga Dua Jakarta Barat, Lena pun tampil perdana di hadapan publik musik Indonesia. Konser perdana yang diberi tajuk The Very First" itu, bertujuan memberikan rasa semangat dan kepercayaan diri bagi anak-anak penyandang cacat di Indonesia.
Lena sendiri kepada para wartawan menyatakan senang berada di Indonesia. Ia mengaku, sangat menyukai masalah khas Indonesia, di antaranya ketoprak, sop buntut, sate, dan nasi goreng. "Masakan di Indonesia benar-bener cocok buat saya dan sangat luar biasa sekab, saya sangat menyukainya," kata Lena saat ditemui di Pisa Kafe Menteng, Jakarta Pusat, Senin

http://bataviase.co.id/detailberita-10422520.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar