Selasa, 27 April 2010

Tip Membesarkan Anak Cacat




Tidak mudah memang membesarkan dan mendidik anak yang terlahir cacat hingga sukses ketika dewasa kelak. Agar anak yang terlahir cacat ditengah keluarga tersebut bisa menjadi kebanggaan orangtua, berikut tip mendapatkan anak cacat yang berprestasi.

- Tanamkan rasa percaya diri

Menanamkan rasa percaya diri anak cacat bukan hanya dibangun di sekolah, juga harus dimulai dari keluarga menghargai kecacatan mereka, anak akan tampil percaya diri dimana saja.

- Tanamkan kelebihan bukan kekurangan

Orangtua yang bijak akan melihat nilai positif dan kecacatan yang diderita anaknya. Bukan selalu mempermasalahkan kekurangan yang dimiliki mereka. Dengan demikian, anak akan merasa dirinya tidak berbeda dengan saudaranya yang lain.

- Lakukan kegiatan membangun

Banyak hal menarik dan bisa membangun mental anak cacat menjadi lebih percaya diri. Ajaklah mereka ke sekolah luar biasa (SLB) untuk melihat bagaimana teman-temannya belajar. Ini sangat penting karena akan mendorong motivasinya untuk lebih maju.

- Jangan anggap remeh

Jangan sekali-kali menganggap remeh anak dengan cacat fisik. Selain merusak harga dirinya, juga akan mengganggu mentalnya. Hargailah anak dengan cacat fisik seperti anak lainnya karena mereka memiliki bakat yang kadang-kadang sangat istimewa.

- Beri kegiatan bermanfaat

Jika saudara-saudaranya bisa berenang, bermain bola atau bermain di lapangan, beri pula kesempatan bagi mereka untuk melakukan dalam berkegiatan semakin membuat anak-anak cacat lebih mandiri.

Sumber: http://sekolahdolan.org/2009/05/mengenal-anak-berkebutuhan-khusus/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar