Minggu, 11 April 2010

Si “Bodoh” Pencipta lampu



Thomas Alva Edison, siapa yang tidak kenal dengan nama ini? Semua orang tahu bahwa dialah penemu bola lampu untuk pertama kalinya.
Dibalik setiap keberhasilan Edison, ternyata dia harus melalui perjuangan yang sangat berat. Terutama perjuangan untuk menemukan keberhargaan dirinya.
Sejak kecil Edison memiliki masalah dengan pendengarannya. Selain itu Edison adalah orang yang sangat imajinatif. Akibat kedua hal itu, Edison kecil mengalami masalah disekolahnya. Karena kekayaan imajinasinya Edison sering melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya kritis, tetapi dianggap sebagai kebodohan oleh guru dan murid-murid lainnya. Selain itu, kesulitan dalam pendengaran membuat Edison semakin terhambat dalam proses belajarnya. Akhirnya semakin hari Edison semakin bosan dengan sekolah. Teman-teman dan gurunya menganggap Edison sebagai orang yang bodoh dan lambat dalam belajar.

Akhirnya Edison keluar dari sekolah. Untuk memenuhi rasa ingin tahu dan imajinasinya yang luas, Edison membaca banyak buku. Bahkan dia bisa dikatakan sebagai jenis “omnivora” dalam hal membaca buku. Apapun topik-topiknya, Edison tetap melahap buku-buku itu dengan antusias.

Dengan bermodalkan pengetahuan yang dia peroleh dari membaca buku dan berbagai ekperimen yang dia lakukan sendiri, akhirnya Edison berhasil meniciptakan bola lampu. Proses penemuan bola lampu itu juga tidak berlangsung mudah. Edison harus mengulangi ribuan eksperimen sebelum akhirnya berhasil, teratat lebih dari 9000 kali dia gagal, gagal, dan gagal. Edison juga harus bertahan dari berbagai cemooh dan ejeken dari orang-orang yang meragukan cita-citanya, Tetapi dia tetap gigih berusaha.
Sebenarnya penemuan Edison tidak hanya bola lampu, Edison berhasil menemukan berbagai penemuan lainnya. Salah satu penemuan lain yang terkenal adalah ‘phonegraph’ yang nantinya dikembangkan menjadi alat pemutar piringan hitam. Bahkan dikhir hidupnya Edison telah mematenkan 1.093 hak cipta atas berbagai penemuannya.

Saat Edison keluar dari sekolahnya, tidak ada yang menyangka bahwa Edison akan menjadi orang yang sangat berpengaruh pada peradaban manusia. Bahkan buah hasil usahanya masih kita rasakan hingga hari ini.

sumber: who am i? yes, I know
Gambar: http://www.buzzle.com/img/articleImages/6730-41.jpg

1 komentar: